Tips Mengobati Sakit Gigi

Tips Mengobati Sakit Gigi

Sakit gigi yaitu keadaan saat keluar rasa nyeri didalam atau sekitaran gigi serta rahang. Tingkat keparahan nyeri itu dapat beragam, dari mulai enteng sampai kronis. Nyeri sakit gigi dapat merasa dengan terus-menerus selama seharian atau dapat keluar serta hilang dengan berkali-kali tanpa ada menentu.

Kerapkali nyeri sakit gigi merasa lebih buruk saat pasien makan atau minum (terlebih makanan atau minuman yang panas atau dingin) serta saat pasien berbaring pada malam hari.

1. Kumur air garam

Biasanya dokter gigi tidak dapat lakukan penyembuhan apa pun waktu gigi masih tetap bermasalah. Hanya satu yang dapat Anda kerjakan sekarang ini yaitu memakai obat sakit gigi hingga pada akhirnya gigi Anda dapat ditindak oleh dokter. Nah, cobalah kumur dengan air garam hingga Anda terasa nyeri telah sedikit lebih baik.

Larutkan ½ sdt garam kedalam satu gelas air (240 ml), serta kumur sepanjang sebagian waktu. Sebelumnya berkumur, Anda dapat juga kerjakan flossing untuk keluarkan sisa makanan yang mengganjal di sekitaran ruang gigi yang sakit.
2. Kunyah bawang putih

Waktu terkoyak oleh gigi, bawang putih juga akan melepas allicin, substansi berminyak alami yang berperan jadi pelawan penyakit.
3. Kompres es batu

Masukan es batu dalam plastik kecil, bungkus dengan kain tidak tebal, serta lekatkan segera pada gigi yang ngilu sepanjang 15 menit untuk mengebaskan saraf gigi. Atau, Anda dapat lekatkan kompres es di pipi Anda, di daerah gigi yang sakit.

Ada satu trick menarik beda yang dapat Anda cobalah bila menginginkan memakai es batu jadi obat sakit gigi. Pijat punggung tangan Anda dengan kompres es batu. Saraf di jari-jari Anda juga akan kirim tanda “dingin” yang mungkin saja juga akan menerpa tanda rasa sakit dari gigi Anda.

(Catatan : pijat tangan di bagian yang sama juga dengan gigi yang ngilu, serta beri desakan di ruang pada jempol serta telunjuk.)
4. Hidrogen peroksida 3%

Hidrogen peroksida yaitu penghilang bakteri yang ampuh serta dapat dibuktikan khasiatnya jadi obat sakit gigi.

Kumur dengan larutan hidrogen peroksida 3% untuk memperingan rasa ngilu di gigi yang dibarengi oleh demam serta bau mulut (sinyal tanda infeksi), tapi janganlah lupa untuk mencampurkannya dengan sedikit air. Larutan ini dapat melukai mulut serta gusi bila dipakai berbentuk murni.

Kumur lalu buang, lantas basuh mulut Anda dengan air putih.
5. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh yaitu obat tradisionil yang telah lama dipakai jadi obat sakit gigi. Minyak ini diduga dapat menolong “mematikan saraf” karna senyawa kimia paling utama yang terdapat dalam rempah ini yaitu eugenol, anestesi alami.

Tapi, waspada dalam memakai minyak cengkeh. Asal-asalan menuang minyak cengkeh di mulut, bebrapa dapat rasa sakit juga akan makin kronis bila minyak itu menetes ke lidah atau gusi Anda yang peka.

Tuang dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas serta lekatkan di gigi yang bermasalah hingga rasa sakit mereda. Alternatifnya, Anda dapat pakai cengkeh bubuk atau cengkeh utuh serta lekatkan di gigi yang sakit.
6. Obat-obatan

Peroleh obat-obatan pereda nyeri yang di jual bebas di apotek, umpamanya acetaminophen untuk anak atau ibuprofen untuk orang dewasa. Bila Anda memakai aspirin, janganlah lekatkan tablet di gigi atau gusi yang sakit, segera telan obat itu. Menahan aspirin dalam mulut dapat melukai sisi dalam mulut.

Comments are closed